37 Perusahaan Kelapa Sawit di Kabupaten Sanggau


  Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Sanggau, Sumadi Haryoko mengatakan, hingga tahun 2010, sudah ada 37 perusahaan perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di sejumlah wilayah di kabupaten tersebut.

"Sejak tauhun 1980-an, Kabupaten Sanggau telah menjadi daerah primadona bagi pembangunan di bidang perkebunan kelapa sawit," kata Sumadi Haryoko di Sanggau, Kamis.

Ia mengatakan, dari tahun ke tahun, jumlah investor terus bertambah yang diimbangi dengan semakin luasnya areal perkebunan dan pabrik pengolahan minyak sawit mentah atau crude palm oil.

Total luas lahan yang digarap lebih dari 458 ribu hektare. Sedangkan pengolahan CPO berjumlah 11 pabrik, dua di antaranya sedang dalam proses pembangunan.

Pabrik pengolahan CPO itu milik PTP Nusantara XIII Gunung Meliau, PTP Nusantara XIII Rimba Belian, PTP Nusantara XIII Parindu, PT MPE, PT BHD, PT SBI, PT SIA, PT MAS dan PT CNIS, serta PTP Nusantara XIII Kembayan dan PT Global yang masih dalam proses pembangunan.

Menurut Sumadi, berdasarkan catatan yang ada pada tahun 2009, produksi tandan buah segar (TBS) mencapai 1,5 juta ton.

"Diperkirakan pada tahun 2010 akan mengalami peningkatan. Sebab setiap tahunnya ada kecenderungan terus meningkat," katanya.

Ia mengatakan, masyarakat setempat menaruh harapan yang besar terhadap pengembangan perkebunan sawit di daerahnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Karena itu, masyarakat mengharapkan mereka jangan hanya menjadi penonton, dan tidak dapat menikmati hasil dari pengembangan perkebunan sawit tersebut.

Meskipun berbagai persoalan sengketa dan perselisihan antara perusahaan dan masyarakat masih sering terdengar dewasa ini, namun diharapkan dapat diselesaikan dengan musyawarah dan mufakat guna menghasilkan solusi dan jalan keluar terbaik.

"Hubungan kemitraan antara kedua belah pihak, juga mesti menjadi perhatian serius. Sehingga terjalin kemitraan yang saling menguntungkan," katanya.

Sumadi mengatakan, posisi Pemkab Sanggau selalu mendukung dan siap memfasilitasi berbagai persoalan yang terjadi. "Sehingga iklim investasi di bidang perkebunan di Kabupaten Sanggau ini mendukung dan senantiasa kondusif," katanya.
  
Sumber: Beritadaerah.com

4 komentar:

  1. mantap blognya...more info just in http://pasangkayuhijau.blogspot.com

    BalasHapus
  2. salam kenal.... http://sanggausolidarity.co.tv/ or http://www.rottensixx.co.cc/.. mohon bantuannya..... Masih Cupu ne dlam blogger.....

    BalasHapus
  3. Andi: tks, semoga bermanfaat
    Last memoar : apa yg bisa dibantu???

    BalasHapus
  4. PT. Enter pan pasifik futures
    MENAWARKAN KERJA SAMA ATAU BISNIS
    KEPADA PENGUSAHA-PENGUSAHA
    DI INDONESIA
    Profil Perusahaan
    Inter Pan Pasifik Futures merupakan bagian dari Inter Pan Group yang dikenal dengan berbagai aktivitas untuk bisnis seperti jasa keuangan, developer, manufaktur dan perdagangan internasional sejak tahun 1989.
    Sejak berdirinya Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (BAPPEBTI) di Indonesia, PT Inter Pan Pasifik Futures mendapat izin resmi dari BAPPEPTI, dengan nomor izin 427/BAPPEBTI/SI/VII/2004 dan merupakan anggota Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) dengan nomor SPAB-056/BBJ/12/03 dan juga anggota PT. Kliring Berjangka Indonesia (KBI) dengan nomor izin 27/AK-KBI/IX/2004.
    Dalam menjalankan bisnis, komitmen kami kepada mitra dengan motto "Profiting from the Futures" agar dapat memberi manfaat investasi bagi investor kami baik dalam hal informasi, pengetahuan perdagangan berjangka dan perencanaan investasi yang terbaik.
    Investment
    Di PT. Inter Pan Pasifik Futures, terdapat banyak pilihan berinvestasi pada perdagangan berjangka bagi setiap nasabah kami, setiap peluang pasar yang menguntungkan dapat di-perdagangkan.



    Jln perdana. Pontianak Mall
    Rukan Square Block E17-18 Pontianak
    Nama: Tomi Santoso
    Telp: 085248480726

    BalasHapus